Jumat, 02 Desember 2011

Eksekusi Peran Iklan 02.12.2011

Dalam sebuah kebutuhan eksekusi peran diperlukan sebuah daya tarik sebuah periklanan.

- Daya tarik Selebritis
selebritis tersebuat sebagai figur dalam masyarakat yang bisa menjadi contoh dalam perilakunya.
daya tarik ini bisa dipakai produsen untuk memperkuat dan turut serta mendorong. pertimbangan lain menggunakan selebritis berkaitan dengan popularitasnya.
kemenarikan secara fisik kredibilitas, profesi, status kepemilikan terhadap perusahaan, pemakai merk dan nilai-nilainya dan resiko kontroversinya.

- Daya tarik Humor
para pengiklan menggunakan humor sebagai bumbu untuk memicu perhatian, memandu konsumen secara menyeluruh terhadap tuntutan produk, mempengaruhi sikap, menciptakan tindakan konsumen secara menyeluruh.

menurut survey para praktisi iklan humor merupakan salah satu yang efektif dalam penyampaian iklan :
  • humor merupakan metode efektif untuk menarik perhatian terhadap iklan
  • humor menyempurnakan kebukaan baik terhadap iklan maupun merek
  • humor tidak merugikan secara keseluruhan
  • humor tidak memberikan keunggulan terhadap non humorik untuk meningkatkan persuasi.
  • sifat produk mempengaruhi kesesuaian penggunaan humor. khususnya humor akan lebih berhasil digunakan mempertahankan produk daripada memperkenalkan produk
  • humor juga cocok untuk produk yang lebih berorientasi pada perasaan.
- Daya tarik Rasa Takut
daya tarik seperti ini cocok untuk memeperbaiki motivasi,  mengidentifikasi meliputi dua hal yaitu :
  • mengidentifikasi konsekuensi negatif jika tidak menggunakan produk.
  • mengidentifikasi konsekuensi negatif terhadap perilaku yang tidak aman.
daya tarik tasa takut juga efektif jika penerima pesan percaya diri dan lebih suka mengendalikan bahaya daripada menghindarinya serta penerima pesan bukan pemakai produk.
misalnya : mencegah orang bukan perokok untuk tidak merokok lebih efektif daripada menghentikan orang yang perokok.

- Daya tarik kesalahan
cara seperti ini cocok untuk menggunakan daya tarik kesalahan dan berusaha yang dapat digantikan dengan menggunakan produk yang diiklankan. 

- Daya tarik Komparatif / Perbandingan
 penelitian pada pertengahan 1970 mempelajari iklan komperatif mempunyai hasil sebagai berikut :
  • iklan komparatif lebih baik dalam meningkatkan kesadaran merek dibandingkan iklan nonkeeratif .
  • iklan komparatif condong lebih baik cocok dengan sikap terhadap merek yang diiklankan, khususnya ketika merek tersebut baru.
  • iklan komparatif secara umum mendorong lebih kuat intersitas konsumen untuk membeli merek yang diiklankan.
  • iklan komparatif mempunyai persepsi kurang dapat dipercaya dibandingkan iklan non komparatif. 
- Daya tarik Emosional
daya tarik emosional berhubungan dengan kebutuhan psikologis konsumen untuk membeli suatu produk.
konsumen termotivasi untuk membeli umumnya karena faktor emosional terhadap suatu produk yang dianggap lebih penting dibandingkan lebih mengetahui lebih dalam kualitas produk tersebut.


GAYA DALAM PELAKSAAN PESAN IKLAN.

- Menjual langsung (straight sell)
gaya ini langsung tertuju pada informasi produk. iklan air france dengan judul "flying cheaply" menggunakan eksekusi menjual langsung.

- Potongan Kehidupan (slide of life)
gaya ini didasarkan pada pendekatan pemecahan sehari-hari. iklan museum komunis yang berjudul "siberia" buatan leo burnelt praha menggunakan gaya eksekusi kehidupan.

- Gaya Hidup (life style)
gaya ini menekankan bagaimana suatu produk sesuai dengan suatu gaya hidup / iklan.

-Khayalan (fantasy)
gaya ini menciptakan prestasi disekitar produk tersebut/ penggunaannya.

- Suasana / Citra (mood or image)
gaya ini menciptakan pendekatan yang membangkitkan suasana . citra disekitar produk yang menciptakan sebuah sugesti.

- Simbol Kepribadian 
gaya ini menciptakan sebuah karakter yang menjadi persemifikasi produk kita / karakteristik.
- Keahlian Teknis 
keahlian teknis pendekatan, keahlian, pengalaman dan kebanggaan perusahaan dalam memproduksi produknya dengan teknis dan akurat.

- Bukti Ilmiah 
bukti ilmiah dengan menggunakan bukti survei, bukti ilmiah/labotorium untuk memperkuat bukti kualtitas sebuah produk.

- Bukti Kesaksian
bukti kesaksian sebuah personal saat menggunakan produk dan memberikan komentar pengalaman pada khalayak umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar