menurut indonesia association of advertising agency adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk disampaikan melalui suatu media,dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.
"Defenisi Pemasaran"
menurut AMA : proses perancangan dan pelaksanaan konsep penentuan harga, promosi dan distribusi gagasan barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan individu ( konsumen) dan tujuan organisasimenurut Philip Kothler : suatu proses sosial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
menurut H.nitsrom : pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
3 unsur pendukung konsep pemasaran ;
- pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen
- mengupayakan koordinasi pemasaran diseluruh organisasi
- pencapaian tujuan jangka panjang mempertahankan unsur produk
"Defenisi marketing Mix"
menurut William J Stanton istilah yang digunakan untuk menjelaskan 4 kombinasi besar pembentuk inti sistem pemasaran sebuah organisasi
menurut Philip Kothler kombinasi dari kegiatan yang mempunyai inti dari sistem pemasaran yaitu produk, struktur harga, sistem distribusi, dan kegiatan promosi.
Bauran Pemasaran ( Marketing Mix)
marketing mix terdiri dari :
a. Produk ( jasa atau barang)
b. Price (harga)
c, Place (tempat)
d. Promotion (promosi)
e. Public Relation
f. Power
e. Public Relation
f. Power
"Defenisi Promosi"
menurut Kothler : promosi merupakan informasi atau persuasi saatu arah yang dibuat untuk mengarahkan seorang / organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dan pemasaran.
untik melaksanakan promosi biasanya dapat dilakukan melalui 4 kegiatan / komponen promosi (promotion mix) :
1. advertising ( periklanan)
2. personal selling ( penjualan pribadi)
3. publicity ( publikasi)
4. sales promotion ( promosi penjualan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar