Minggu, 25 September 2011

segmentasi pasar 23 septermber 2011

pada pertemuan berikutnya membahas tentang segmentasi pasar.
segmentasi pasar  : sebuah tim pemasaran dan periklanan yang selalu memantau situasi pasar produk tertentu, untuk melihat seberapa jauh tingkat kepuasan konsumen. dalam kebutuhannya segmentasi pasar merupakan salah satu solusinya.

Tujuan segmentasi pasar : produsen merancang bauran pemasaran yang lebih tepat dalam menjawab kebutuhan para konsumen dipasar tertentu.

4 metode segmentasi pasar  :
- segmentasi Demografis : terkait erat dengan kebutuhan dan perilaku beli konsumen serta dapat di tukar langsung .
- segmentasi Geografis : masyarakat suatu wilayah negara memiliki kebutuhan dan perilaku yang berbeda dengan mereka yang berada di wilayah lainnya.
- segmentasi Behavioris : para perusahaan dapat membagi sebuah pasar menjadi kelompok menurut manfaat yang mereka cari, penggunaan volume dan loyalitas mereka.
- segmentasi Psikografis : didasarkan pada gaya hidup atau kepribadian.

jenis-jenis pasar  :
sebuah kata pasar biasanya berarti tempat dimana terjadinya pertukaran antara penjual dan pembeli. Dalam hal ini pasar yang kita bicarakan yang berarti daerah dimana barang yang dijual terdiri dari berbagai macam tipe pembeli.

4 tipe pasar :
- konsumen market 
pasar konsumen terdiri dari orang-orang yang membeli produk untuk keperluan pribadi atau keperluan keluarga / sehari-hari.
- bussiness to bussiness
perusahaan yang membeli produk untuk digunakan sebagai operasional produk mereka.
- institutional market
pasar yang terdiri dari perusahaan laba dan non laba dari variasi yang luas.
- reseller
reseller (pengecer) merupakan faktor tengah berupa distributor atau pengecer itu sendiri yang membeli produk setengah jadi maupun jadi untuk dijual kembali dan mengambil keuntungan darinya.

iklan
- penyampaian suatu gagasan produk/jasa
- ditujukan kepada khalayak sasaran
- melalui media massa
- mengharapkan hasil / keuntungan tertentu
- ada sponsor yang jelas

Jenis-jenis iklan :
- iklan komersial 
  • iklan yang bertujuan mendukung kampanye pemasaran suatu produk / jasa
  • biasanya disebut dengan commercial
  • iklan komersial biasanya dikomunikasikan melalui media-media konvensium maupun new media
- iklan non komersial
iklan non komersial banyak jenisnya (iklan lowongan kerja. duka cita, dll). iklan non komersial merupakan bagian dari kampanye, sosial marketing, yang bertujuan "menjual" gagasan atau ide untuk kepentingan atau pelayanan masyarakat (public service)


- iklan 
pesannya berupa ajakan atau humbauan kepada masyarakat untuk melakukan suatu tindakan demi kepentingan umum atau mengubah kebiasaan/perilaku masyarakat yang tidak baik menjadi baik.


- iklan corporate
iklan yang bertujuan membangun citra (image) suatu institusi/perubahaan dengan tujuan komunikasi membangun citra positif produknya.
iklan corporate akan efektif apabila didukung dengan fakta-fakta yang kuat, nilai berita, dan biasanya selalu dikaitkan dengan kegiatan tertentu yang berorientasi pada kepentingan masyarakat atau kelompok tertentu dalam masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar